Selasa, 21 November 2017         UPT BMR LIPI       LIPI       Halaman Depan »

» LIPI PRESS kontak kami »

Arsip terbitan :

» Kata kunci : tahun permohonan  
Pisahkan kata kunci dengan spasi. Untuk melihat katalog terbitan lengkap, klik tombol CARI tanpa menuliskan kata kunci apapun... halaman sebelumnya »

Judul : Laporan Kongres Ilmu Pengetahuan Nasional (KIPNAS) XI
Penanggung-jawab : Yudie Aprianto (BKHH)
Penulis : Tim Penyusun Laporan KIPNAS XI
Editor : Lukman Hakim, R. Siti Zuhro, Eko Prasojo, dan Trina Fizzanty
Abstrak : Kongres Ilmu Pengetahuan Nasional XI (KIPNAS XI) telah dilaksanakan di Auditorium Utama LIPI, Jakarta, pada tanggal 8–9 Oktober 2015. Acara tersebut dihadiri oleh kurang lebih enam ratusan peserta yang terdiri atas ilmuwan dari berbagai disiplin ilmu, institusi akademik, dan pengambil kebijakan dari berbagai institusi pemerintah. Adapun tema yang diangkat adalah “Signifikansi dan Kontribusi Ilmu Pengetahuan untuk Indonesia Sejahtera”.

Berbeda dengan kongres sebelumnya, KIPNAS XI mengajak para peserta kongres untuk ikut serta merumuskan strategi ilmu pengetahuan guna mewujudkan Indonesia sejahtera. Makalah-makalah yang dibahas tidak hanya berkenaan dengan isu kontribusi ilmu pengetahuan sebagai pemecahan masalah bangsa, tetapi juga tentang status atau perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia dan tantangannya ke depan. Selain itu, juga dibahas tentang strategi untuk memajukan ilmu pengetahuan di tanah air, pentingnya kebijakan pembangunan berbasis ilmu pengetahuan (evidence based policy) dan konsep serta strategi mewujudkan Indonesia sejahtera dari perspektif ilmu pengetahuan.

Laporan KIPNAS XI ini terdiri atas empat bagian. Bagian pendahuluan memuat proses persiapan dan juga Dekret KIPNAS XI. Bagian kedua menyajikan pokok-pokok pikiran dan rekomendasi para ilmuwan indonesia dalam KIPNAS XI. Bagian ketiga memaparkan tantangan dan kontribusi pengembangan ilmu pengetahuan di indonesia, dan terakhir adalah penutup.

Rangkuman hasil diskusi setiap komisi KIPNAS XI yang diuraikan di bagian kedua dalam laporan ini meliputi rangkuman diskusi Komisi Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (IPSK), Komisi Ilmu Pengetahuan Teknik (IPT), Komisi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Maritim serta Komisi Kesehatan dan Obat. Di bagian ketiga, hasil sintesis dari pemikiran empat komisi tersebut dituangkan dalam tiga subbagian, yakni i) tantangan bangsa Indonesia saat ini dan ke depan, ii) perkembangan dan kontribusi ilmu pengetahuan, iii) rekomendasi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan dalam mewujudkan Indonesia sejahtera.

Laporan kongres ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang utuh bagi kalangan ilmuwan Indonesia maupun pengambil kebijakan tentang status dan perkembangan keilmuan di Indonesia serta berbagai langkah yang diperlukan untuk memacu kemajuan ilmu pengetahuan di tanah air demi mewujudkan Indonesia sejahtera.

Pada kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan berkontribusi, baik dalam pemikiran, gagasan, maupun dukungan materiil dalam penyelenggaraan pra-KIPNAS dan KIPNAS XI.

Jenis terbitan : buku laporan
Penerbit : B Media dan Reproduksi
copyeditor - Sarwendah Puspita Dewi
layouter - Dhevi E.I.R. Mahelingga
cover designer - Dhevi E.I.R. Mahelingga
tanggal verifikasi - -
tanggal review - - ∼ -
tanggal pra-cetak - -
nomor (berkala) -
registrasi - ()
halaman - xxxv + 88 hal.
dimensi - A4 (21 x 29,7 cm)
tanggal terbit - 01/10/16
naskah lengkap - tidak dibuka untuk publik
naskah cuplikan - belum ada

» URL pendek : http://u.lipi.go.id/1479480556
» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi melalui Facebook
» berbagi melalui Twitter

5578 kali diakses »
1 kali dicetak »
0 kali dikirim »

Dikelola oleh PDII dan TGJ LIPI Hak Cipta © 2007-2017 LIPI