Minggu, 17 Desember 2017         UPT BMR LIPI       LIPI       Halaman Depan »

» LIPI PRESS kontak kami »

Arsip terbitan :

» Kata kunci : tahun permohonan  
Pisahkan kata kunci dengan spasi. Untuk melihat katalog terbitan lengkap, klik tombol CARI tanpa menuliskan kata kunci apapun... halaman sebelumnya »

Judul : Pengelolaan Lahan dan Lingkungan Berkelanjutan Berdasarkan Ketersediaan Air
Penanggung-jawab : Muh. Rahman Djuwansah (P2 Geoteknologi)
Penulis : Muhammad Rahman Djuwansah
Editor :
Abstrak : Masalah dan bencana terkait air dan lahan merupakan salah satu persoalan penting yang sedang dihadapi ne gara kita saat ini. Ka-sus-kasus kelangkaan air, kualitas air, dan bencana berupa ban-jir, longsor, dan kebakaran hutan terjadi semakin sering, bahkan telah menjadi peristiwa rutin yang terjadi setiap tahun. Salah satu penyebab utama timbulnya masalah atau bencana tersebut adalah karena sumber daya air dan lahan dimanfaatkan secara berlebihan dan melampaui kapasitas daya dukungnya. Daya dukung adalah suatu nilai batas ketersediaan atau kemampuan untuk menopang kehidupan (manusia) beserta aktivitasnya di suatu wilayah atau lokasi, secara berkelanjutan1. Nilai batas ini umumnya terlampaui tanpa disadari karena besar an daya dukung tidak diketahui dengan pasti sehubungan de ngan kompleksitas interaksi faktor-faktor yang memengaruhinya.

Ketersediaan air di suatu lokasi/wilayah selalu berubah mengikuti proses daur air yang mekanismenya dipengaruhi oleh berbagai faktor alam yang bervariasi dalam tatanan waktu dan ruang, seperti iklim, terutama curah hujan, geologi, tanah, bentuk lahan, dan tutupan lahan. Perubahan salah satu dari faktor-fak-tor alam tersebut akan memengaruhi pola distribusi ke tersediaan atau daya dukung sumber daya tersebut. Pengelolaan lahan dan lingkungan suatu wilayah secara berkelanjutan memerlukan in-formasi yang rinci dan menyeluruh tentang ketersediaan sumber daya air di wilayah tersebut. Informasi tersebut harus disusun dengan memperhitungkan dinamika faktor-faktor alam yang memengaruhinya secara kuantitatif disertai dengan penyederhanaan kompleksitas interaksi faktor-faktornya. Pusat Penelitian Geoteknologi-LIPI telah mengembangkan suatu metode kuanti-fikasi ketersediaan sumber daya air suatu wilayah berikut variasi spasial dan fluktuasi temporalnya untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Orasi ini pada awalnya akan mengurai secara singkat perkem-bangan kebutuhan akan informasi sumber daya air sampai saat ini. Kemudian, uraian tentang prinsip interaksi faktor-faktor sumber daya air serta metode kuantifikasinya, dan terakhir ten-tang aplikasi hasil kuantifikasi untuk evaluasi serta mengarahkan perencanaan pengelolaan sumber daya air dan lahan agar didapatkan manfaat yang berkelanjutan.

Jenis terbitan : buku orasi
Penerbit : B Media dan Reproduksi
copyeditor - Sonny Heru Kusuma
layouter - Dhevi E.I.R. Mahelingga
cover designer - Rusli Fazi
tanggal verifikasi - -
tanggal review - - ∼ -
tanggal pra-cetak - -
nomor (berkala) -
registrasi - ISBN 978-979-799-867-7 ()
halaman - ix + 46 hal.
dimensi - A5 (14,8 x 21 cm)
tanggal terbit - 10/12/16
naskah lengkap - tidak dibuka untuk publik
naskah cuplikan - belum ada

» URL pendek : http://u.lipi.go.id/1487641282
» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi melalui Facebook
» berbagi melalui Twitter

5057 kali diakses »
0 kali dicetak »
0 kali dikirim »

Dikelola oleh PDII dan TGJ LIPI Hak Cipta © 2007-2017 LIPI